Kamis, 18 Juni 2009

yang ada dalam otak gw.

dalam otak gw selalu menolak gw untuk memberikan tepukan tangan kagum gw buat orang-orang yang mendapatkan nilai bagus, hidup mewah gelimang harta, atau apalah namanya..
tapi kenapa otak ini selalu menyuruh gw untuk selalu berdiri, bertepuk tangan keras, dan tersenyum bangga pada apa yang gw lihat seperti, pentas teater, lukisan temen gw yang keren gila, cerita sobat-sobat yang abis dari turun gunung, atau para manusia yang berani menantang hidupnya.

sebenernya yang gw mau tulis pernah gw tulis sebelumnya di Facebook (masih eksis ajahh) gw, tentang impian juga mimpi gw.

sempet gw berfikir tentang bokap juga guru ekonomi gw, yang bisa dibilang seorang guru yang selalu bikin gw sirik akan kehidupan. bokap gw guru geografi mungkin tiap semester dia keluar kota, gw gak tau dia ngapain semacem mantau sekolah di daerah-daerah gitu, mungkin.
terakhir gw nulis ini, dia masih di Menado, hari ini balik sih..

balik lagi tentang mimpi gw.
mungkin suatu hari nanti gw di tawarin buat jadi guru relawan di pedalaman pulau nan sejuk Pulau Irian. yeahh, entah kenapa di Indonesia tercinta gw berfikir akan pulaau itu baru kalimantan, terus jawa, baru deh pulau-pulau kecil daerah timur juga tengah Indonesia.

terus... gw dikasih waktu 1 bulan buat jadi guru relawan, tempatnya masih asing buat manusia kota, gak bisa buat hp, tivi, apalagi internet, harus ke kotanya dulu buat ngedapetin itu semua..
tapi gpp namanya juga hidup memang harus ada tantangan juga rintangan.

terus, sekolahan yang gw samperin juga lumayan jauh dari tempat gw nginep, gw harus naik sepeda buat kesana mungkin sekitar 3-5 kilometeran yaaa, lumayan..
disana sepi, gak kayak jakarta siang dikit udah macet apalagi oksigen udah nipis, perlu tabung oksigen klo mau hidup di kota kayak Jakarta.hahahaa

1, 2, 3 hari mereka blom akrab sama gw, tapi setelah itu para anak rimba mulai ngajak gw buat nyari ikan di sungai Irian, balapan sepeda di bukit-bukit, berenang di air yang jernih milik Sang Kuasa. anak rimba, mereka baik. bernyanyi bersama dengan gitar yang gw bawa dari jakarta, main futsal pas gerimis-gerimis, terus nyari pelangi disela cerah langit setelah hujan mengguyur.
1 bulan waktu yang sebentar, lalu gw melanjutkan perjalanan gw ke Nusa tenggara, nyari madu ke hutan ,karena gw pernah liat di tv, klo di sana ada sarang lebah yang panjang nya bisa 2 sampe 3 meteran, dan seseorang tinggal nancepin jarinya terus pas dia keluarin dari sarangnya, itu jari udah berlumuran madu, gila itu keren madu asli langsung..
terus gw main di padang rumputnya, bikin layangan langsung nerbangin. karena gw yakin klo main layangan disana pasti terbang tinggi, gak kayak deket rumah gw cuma lapangan yang bisa buat main layangan. lahan semakin berkurang..

terus gw jalan sedikit nemuin pantai, berenang disana matahari terik itu belum seberapa dibandingin segarnya berenang di pantai lombok.hahahahaaa
nyari ikan terus dibakar, jangan lupa nyari cumi-cumi, karena gw pernah diceritaiin sama sodara gw yang kerja di pelayaran, jadi... pas dia ke Jepang, temen-temennya hampir keabisan makanan, nah karena laut jepang keren untuk hasil perikanannya walhasil om gw nyari cumi-cumi, dia bakar tanpa dia buang tintanya cuma dibersihin sekedarnya, dia juga ngebakarnya gak terlalu mateng dia bilang kondisi tempat mempengaruhi. nah pas dia makan, tuh cumi-cumi meledak di mulutnya, maksudnya tintanya nya meledak di mulutnya, tapi itu katanya enak banget.. dan gw blom pernah ngerasain karna tiap gw mau nyoba nyokap bilang "jangan macem-macem".

terus gw ke Raja Ambat/Ampat???? hahahaaa rada lupa maaf. disana spesies hewan luat nya lengkap justru kata para penyelam, Bunaken masih kalah. yaaa bayangin sendiri aa, klo Bunaken masih kalah????

terus ke Kalimantan, nyari Anggrek hitam, katanya bisa buat obat, tapi gw gak peduli yaaa kali aja gw ketemu Anaconda, hahahahaaaa.
terus ke Sumatra, kita ke danau Toba. bengang-bengong di pulau Samosir.jiahahaaaa.
ohhh, di deket sana ada tempat makan yang enak banget "kerang".

sebenernya gw kurang ngerti sama pulau ini, heheheeee. kita langsung ke palembang aja lahhh. nyari pempek, so simple. ke jembatan ampera bengong lagi disana merenungi hidup disana, ohhh ya sebelumnya ke Aceh dulu, ke pemakaman massal bencana Tsunami. mungkin gw akan nangis disana, walaupun gw gak ada sodara yang kena korban bencana itu, tapi siapa pun lo orangnya gw yakin lo akan nangis klo lo berdoa disana.

nahh, baaru ke belitung.hahahaaa.
pas bokap gw kesana dia cerita kerren dia sana, dan gw sirik akan hal itu, gw juga mau...
main di pantainya berjemur di batu jamurnya.hahahaa
terus baru tuh ke lampung, nginep di rumah om. hahahahaaa. ketemu sepupu ompong. maaf ya dek, klo jailin mulu, tapi itu resiko kenapa lo paling kecil dikeluarga.hahahahaaa.
main sama gajah, ke pasir putihnya, jalan santai aja... yaa menghirup oksigen di pulau sumatra pa salahnya.hahaha

terus balik ke jakarta, pamit buat ke Pangrango. nemuin SOE HOK GIE yang abu jasadnya di sebar disana. gak tau kenapa impian gw buat naik gunung gak pernah luntur.
gak bisa cerita baynyak tentang Pangrango, yang jelas karena SOE HOK GIE disana gw pengen kesana.
terus min sebentar di Pangandaran, asal lo tau ada satu pantai yang dia punya sumpah keren abis, pasirnya bener-bener putih airnya jernih, sippp lah. gw pernah kesana tapi gw waktu itu naikin tebing yang gak tinggi-tinggi banget malahan semacem batu gede aja. emang licin buat naikin tuh batu gw aja harus minta tolong sama sepupu dulu, iya waktu itu gw bertiga sama kakak gw juga sepupu gw, lumayan cape naikin tuh batu tapi itu gak seberapa pas lo udah diatas, lo bisa ngeliat tuh pantai sama pasir putihnya, dan lo tau apa??? gw ngeliat para turis bule lagi pada ngejemur, whats??? apa gw salah pantai tapi gak lama dari itu nyokap nyusul nyuruh balik. gak asik baru mau main, yahhh...

terus langsung ke tempat kakek dari bokap aja, di cilacap. minumin air kelapa muda. klo kesana emang paling pas klo bulan puasa, bakalan lebih deket banget sama SAng KUasa, ddan gw selalu merasa itu. duduk di pinggir sawah pas siang-siang dibawah pohon kelapa. sambil nyautin sapaan orang-orang sana yang nanya sok tau gw anak siapa????
sebernernya tiap gw pulang kesana gw selalu kangen sama alm.mbah putri gw.hufft..

jangan lama-lama disana, soalnya bisa ngabisin nanas, salak, kelapa, sampe ikan mujair punya kakek gw, hehehee.

terus langsung ke Parangtritis, naik kuda main pasir.hahahahaaa
walaupun panas tapi bodo ah...
lanjut ke bromo, ngeliat matahari terbit disana keren banget..

terus baru menuju impian hidup yag sebenarnya, Gunung Semeru.
untuk perjalanan kali ini mungkin gw bakalan ngajak sobat dari kecil gw Peang sama kakaknya mas David. lo pasti nanya Peang itu sejenis apa? dia itu cowok nama aslinya Nova. doyannya naik turun gunung apa lagi kakaknya, jangan tanya ke semeru udah berapa kali..

kita naik jeep buat ke ranu pane, istirahat sebentar disana, sambil ngeliat danaunya blom apa-apa gw udah dibikin sujud syukur di ranu pane. Semeru...
terus kita siap-siap jalan melem buat nantinya kita istirahat di ranu kumbolo, dan lagi-lagi mungkin gw akan nagis disana. lagi-lagi Semeru ngebuat tiap orang nangis.

gak akan berenti gw ngeliat air di kumbolo, main sama ilalang yang berserakan, tiduran di rumputnya yang basah karna embun. terus katanya jangan lama-lama disini biar keburu nyampe puncak. naik tanjakan cinta, dan gw gak akan nulis siapa orang yang gw fikirkan dalam menyusuri tanjakan cinta, asal lo tau mas david udah pernah ngebuktiinnya, dan sepertinya behasil...

terus masuk hutan, sumpah satu permimtaan gw disana, gw minta di gandenga sama 2 makhluk yang udah sering naik turun gunung ini, karena gw gak mau ilang di hutan ini kena dimensi waktu, gw takut, pernak nonton Pencarian Terakhir??? ya semacam itu..

terus nyampe juga di Arcopodo. peristirahatan terakhir sebelum nyampe puncak. dan ternyata gw bisa liat 2 arca, yang misterius itu..

terus naik ke puncak susah sangat, harus ada hujan abu, batu-batu yang jatuh. klo gak hati-hati yaaaa lo selesai disana.
dengan bantuan gw bisa di puncak sana, satu hal yang akan gw lakuin gw akan jusud syukur, nangis, meluk 2 orang itu, dan terdiam....
mengingat Soe Hok Gie yang meninggal disana bersama sahabatnya Idhan Lubis.

terus turun tapi berenti dulu sesaat di ranu pane. ngunjungin komplek pemakamannya..
dan berfikir akan sesuatu...

bagi gw itu semua sudah sangat berarti, dibandingin gw dapet penghargaan sebagai salah satu mahasiswa terbaik akan nilainya. seperti yang gw bilang hidup harus ada tantangan juga rintangan.

Tidak ada komentar: