Senin, 22 Juni 2009

sahabat kecil...

Ketika gw memulai menulis tulisan ini, gw mencoba mendengarkan lagu Mengejar Matahari dari Ari Lasso, timbul lagi rasa kangen pada masa kecil gw bersama sahabat-sahabat gw. Dulu, gw selalu bermain sama mereka. Aditya Zul Akbar (A Dit), Langi Yudhis Tiara Fadla Effendey (Yudis, kakak gw), dan Adelia Anugrah Chissi Akbar (Chiki, klo gak salah seperti itu nama lengkapnya). Jadi, A Dit kakaknya Chiki. Kita selalu main berempat, rumah kita berhadapan jadi bukan masalah buat kita untuk ketemu tiap jam.
Gw masih inget waktu kita berempat bikin telepon-teleponnan pake kaleng yang dihubungin sama benang layangan yang tebel itu. Kaleng pertama ditaruh di kamar gw yang punya jendela yang besar untuk ukuran anak SD bahkan gw sering kabur lewat jendela klo gw disuruh tidur siang. Terus kaleng yang satunya ditaruh dikamar kakaknya A Dit yang juga tetehnya Chiki, kita manggilnya Teh Alit. Nah, lewat telepon-teleponan itu kita ngobrol gak penting atau ngobrol karena gak boleh keluar rumah buat main. Atau gak, kita main di kolam ikan rumah gw. Ada hal yang sangat gw inget, jadi waktu tuh kolam baru jadi at lease blom ditarohin ikan. Gw sama mereka berenang di kolam itu, ya sekitar 5x2 meteran. Cukup menyenangkan saat itu karena udara sejuk dari 2 pohon disamping kolam ini, pohon jambu air juga belimbing. Mulai saat itu, tempat ini jadi tempat favorit kita main.
Dulu, ada lapangan yang luas banget deket rumah gw wajarlah rumah gw bukan diperumahan ataupun kompleks yang punya lahan gak luas-luas amat. Tapi walaupun gw tinggal di salah satu gang, bagi gw bukan masalah karena cerita kecil gw ada di gang rumah gw. Balik lagi ke lapangan yang luas, jadi waktu itu A Dit baru disunat terus dia dibeliin sepeda, karena adenya yang super jail itu walhasil kita minjem sepeda barunya tanpa ijin buat main kelapangan itu, saat itu nasib tuh sepeda cukup menyedihkan untuk sebuah sepeda yang baru dibeli. Sambil main sepeda di siang bolong, gw sama Chiki nyari buah dari taneman semacem rerumputan karena dia tumbuh bebas, jadi buahnya yang mateng rasanya tuh kayak tomat, tapi klo sekarang sih udah gak ada, kalaupun mau nyari adanya di hutan.hahahahaaaa. kadang kita berempat klo udah cape main sepeda kita istirahat dibawah pohon yang gede banget saat itu, mungkin pohon beringin.
Biasanya tiap hari liburan kita main masak-masakan tapi bukan masak-masakan yang kompornya gak bisa dinyalain, justru kita masak beneran, jadi tiap kali kita main masakan Teh Alit selalu ikut yaaa itung-itung buat ngejagain kita berempat. Nasib gw sama Chiki gak jauh beda saat itu karena umur gw sama dia Cuma beda 1 tahun, jadi mereka dengan gampang menyuruh gw sama Chiki buat beli minyak tanah dan itu kita selalu lakukan setiap main masak-masakan ibaratnya tugas wajib. Seinget gw, gw Cuma perlu duit seribu buat dapetin sebotol plastik minyak tanah. Klo tugas kakak gw Yudis, dia dapet suruhan nyari kayu kering sama nyalain api. Klo A Dit dia dapet tugas yang paling penting, ngambilin makanan yang mau kita masak dari rumahnya, dan Teh Alit ini lah yang kebagian masak yaaa karena umurnya dia paling tua, heheheheeee. Setelah makanannya jadi, kita semua harus makan itu masakan dan itu adalah konsekuensi dari main masakan ini.
Ketika umur kita nambah gede, kita lebih asyik main basket. Jangan salah main basket kita ini sama aja main ’Smack Down’, jadi dulu ada rumah kosong dibelakang rumah Chiki nah rumah ini diancurin terus dibikin lapangan basket. Saat itu main basket sama mereka cukup membuat gw beruntung, yaaa setidaknya gw bisa diandelin buat main basket waktu tanding antar kelas tapi itu juga jamannya gw SD.hahahaa...
Oh yaaa, disamping rumah kosong itu ada halaman yang cukup luas buat kita main volley atau gak kasti atau gak lagi petak umpet, dan gw paling benci main petak umpet karena lo harus ngumpet sendirian sedangkan gw orang yang penakut dan klo giliran jaga, bagi gw itu pekerjaan yang aneh nyari-nyari orang yang lo gak tau mereka ngumpet dimana. Atau gak klo gw Cuma main berdua sama Chiki, kita berdua duduk di pembatas provinsi yang gak jauh dari rumah kosong yang udah dirombak jadi lapangan basket. Rumah gw memang perbatasan antara jakarta barat dengan tangerang. Di pembatas itu gw selalu cerita tentang suatu hal begitupun dengan Chiki. Pemandangan dari batu pembatas itu bagi gw lumayan, karena dikelilingin sama lapangan luas klo lagi musim layangan ini salah satu tempat yang cocok buat ngeliatin layangan.
Banyak cerita yang ada dengan gw juga mereka, dari ngerujak bareng yang bikin maag nya A Dit kumat, main sepatu roda bareng, main sepeda, main lompat karet (buat Chiki, lo yang paling jago), sampe main rumah hantu-hantuan. Tapi itu semua terhenti ketika gw tau klo orang tua Chiki cerai...
Sempat merasa gw benci sama orang tua Chiki, persahabatan selama gw kecil mungkin dari gw bayi akan selesai. Dan akhirnya gw tau klo mereka akan pindah ke Bandung. Waktu itu gw masih kelas 6 SD dan mereka pindah waktu gw awal masuk SMP. Gw nyesel banget waktu gw gak sempet nemuin mereka waktu mereka pergi ke Bandung, maaf...
Hari-hari berganti hingga waktu itu genap satu tahun, mereka kembali. Walaupun mereka gak pindah ke Jakarta tapi hampir tiap liburan panjang mereka ke Jakarta buat nemuin bokapnya yang rumahnya di depan rumah gw...
Hingga akhirnya tak lama dari itu ada satu film yang mewakili gw, Mengejar Matahari. Sejak saat itu gw tau ”Orang lain boleh aja dateng dan pergi tapi yang namanya sahabat sejati akan selalu ada di hati”. Yaaa, walau mereka di Bandung sana tapi yang namanya sahabat gak akan terganti. Dan juga benar yang dikatakan oleh Sherina, ”Mengapa bintang bersinar, mengapa air mengalir, mengapa dunia berputar lihat segalanya lebih dekat dan kau akan mengerti...”
Terima kasih Tuhan, telah memberikan cerita sahabat yang terbaik. Dan mereka akan selalu ada.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

iye tuh s adit iseng banget...