Rabu, 04 Januari 2012

Anak Kecil di Angkot

Dulu disaat seragam ini putih abu-abu aku memandangnya di pagi hari.

Di pagi yang rutin aku menghentikan angkot hijau-kuning yang melewat, meminta berhenti. Saat itu untuk pertama kalinya aku melihatnya duduk dipojokan bangku angkot dengan seragam merah-putih. Matanya sulit menerima matahari pagi dan dunia mimpi masih sangat hebat mengajaknya bermain.


Aku masih ingat, untuk pertemuan pertama kami, aku memilih duduk didepan mu yaaa karena tempat duduk angkot ini juga yang memaksa penumpangnya untuk duduk saling berhadapan. Aku duduk di depan mu. Tanpa kamu sadari, aku melihat kancing bajumu yang mulai terlepas dari benang yang mengikatnya aku melihat saku bajumu penuh dengan uang receh, aku juga melihat sepatumu yang talinya lupa kamu ikat.

Aku menaiki angkot setelah kamu, juga turun sebelum kamu. Tapi aku tau letak sekolah mu, karena aku melihat batik SD mu yang mulai pudar. Kamu anak SD yang letaknya di depan sekolah ku kan?

Tidak saat itu saja kita berada dalam angkot yang sama sobat, hari berikutnya pun juga. Tetapi setiap aku naik angkot yang ada kamu, kamu selalu terlihat pulas, kadang kamu lupa meresleting tas mu hingga huruf-hurufmu kadang terlihat dari umpatan lembaran kertas buku tulismu.

Aku pernah sekali membangunkan mu dari alam mimpimu, itu pun karena seorang supir angkot memaksaku untuk membangunkanmu, karena dia takut kalau-kalau kamu melewatkan sekolahmu dan saat itu sebenarnya aku sudah tau letak sekolahmu, aku hanya ingin membuat mu bersiap-siap sebelum kamu sampai di sekolahmu.

Kamu, yang entah siapa nama mu. Kamu si anak laki-laki…..

Ketika kita satu angkot kembali, kadang aku berfikir apakah kamu termasuk kelompok murid dengan banjir pujian dari gurunya ataukah kamu dari kelompok murid yang namanya tidak muat lagi di lembar buku hukuman ?

Aku tak peduli seberapa pujian yang kamu tolak, dan seberapa tumpuk hukuman yang kamu abaikan. Kamu anak kecil diangkot, pasti kamu anak yang baik. Karena aku pernah melihat kamu menggandeng jemari ibu mu saat menuruni angkot dan aku pernah melihat kamu tertidur di angkot dengan rangkulan hangat ibu mu.

Saat tahun terakhir ku di putih-abuabu, kamu memakai warna yang berbeda dengan putih-biru. Aku melihat tas baru mu dan sepatu lama mu yang masih lupa kamu ikat talinya. Dan uang jajanmu terkadang hampir terjatuh dari saku bajumu, jika aku hitung kamu hanya membawa uang pas untuk naik angkot saja tentunya itu untuk perjalanan pergi dan pulang mu.

Sekitar dua tahun ini aku tak melihatnya kembali, dan aku masih belum tau cerita apa yang dia umpat dari lelapnya tidur dan muramnya wajah.

19 komentar:

covalimawati mengatakan...

wah terkenang bgt ma si anak laki2 itu.. hehe.. Jd inget hari2ku naik angkot pas jaman sekolah dulu.. Krn bareng tiap hr lama2 jd sering ngamati ya.. :D

Naya Elbetawi mengatakan...

Wewww... jadi,, ceritanya bu joko lagi kangeeeenn niih sama anak itu? cie..cie... aha..ahaa :D

Ay Ay mengatakan...

kadang lintasan kenangan sering lewat tanpa kita sadari.. :-)

kau sehat kan, Shal?
be well ya..

JejakShally mengatakan...

@Mba Cova >> iya mba, keliatan beda aja sama anak itu kayak ada cerita lain yang dia punya heheheheeee

@Mpo Nay >> iya nih mpo :P cieeeee.. dia mungkin bukan anak yang terbaik tapi mungkin dia anak terhebat mpo heheheheee :D

@Mba Ay >> i'm fine mba :) cuma kayak nya kenangan akhir-akhir ini banyak membayangi :) thanks ya mba :) be well too for you sist :)

Rizaldy Gema mengatakan...

asik. puitis. :)

Muhammad Fajar mengatakan...

Pertama mampir di blog ini.. Slam kenal ya...

JejakShally mengatakan...

@Rizal >> Asiiik :P *langsung kayang-kayang*

@Muhammad Fajar >> waah makasih yaa salam kenal juga :)

Niar Ci Luk Baa mengatakan...

ciyee...lelaki masa kecil masih terngiang..asyiikk...

Salam kenal yaa mbk :)

covalimawati mengatakan...

klo ketemu dia lagi pasti km dah pangling.. hihi..

eh iya.. aku punya misi mengantarkan award buat Shally yg manis.. *biar ge-er*.. hihihi.. :P. Silahkan diambil yaaaa...

http://covalimawati.blogspot.com/2012/01/award-berantai-your-blog-makes-us-smile.html

Ida Yusnilawati mengatakan...

nice blog kak <3

visit mine
wanna follow each other?
http://idayusnilawati.blogspot.com
Dream Big! xoxo

JejakShally mengatakan...

@Niar >> salam kenal juga.. makasih banyak loh udah ikutan disini hehehehee :)

@Mba Cova >> masih inget dong mukanya heheheheheee..
udah aku commot mba pialanya heheheeee. makasiiiiiih buuanyak loh heheheheee

@Ida >> makasih Ida salam kenal lagi yaaa :) hehehehee

Niar Ci Luk Baa mengatakan...

iyaa mbk sama-sama, makasih juga dah mlaku2 di blog qu, xixixixi... :)

hesty mengatakan...

waahhh sampai diitungin kalo sekarang dia udah berseragam putih abu2 ... ganteng gak ya,,, wkwk :D

Hans Brownsound ツ mengatakan...

wah anak SD ya?
aku keinget jaman SD jadinya.
sekolah sama rumah jauh. mau ga mau harus naik angkot deh haha.
eh, apa jangan-jangan sekarang si anak tersesat di dunia mimpi ya? belum nemu jalan untuk kembali?

bebe mengatakan...

wah si mba-nya perhatian sekali ke sianak kecil. Kira2 kalau sekarang ketemu lagi, masih inget mukanya ga mba?

Btw, salam kenal ^^

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

akh anak kecil itu pasti sudah remaja sekarang ya

obat herbal kanker hati mengatakan...

wah sangat perhatian sekali mbak,,,
kalau ketemu sekarang gmna yang akan terjadi,,,pasti anak kecil itu sudah besar,,,

Anonim mengatakan...

It's awesome for me to have a web page, which is good in favor of my experience. thanks admin
My site : learn piano

Anonim mengatakan...

Sweet blog! I found it while searching on Yahoo News.
Do you have any tips on how to get listed in Yahoo News?
I've been trying for a while but I never seem to get there! Appreciate it
Also see my web site: http://cputalk.org/