Jumat, 14 Oktober 2011

eKTP (Gak Pake Kesabaran)

Ada yang sudah buat eKTP ?

Klo bingung, eKTP itu adalah jenis KTP (Kartu Tanda Penduduk) yang baru, lebih  bersifat elektronik soalnya di eKTP kita itu ada info sidik jari dan iris mata kita. Klo kata tetangga gw, itu buat cegah kekeliruan mengenal korban yang gak dikenal, misalkan ada korban yang tewas tapi mukanya udah gak bisa dikenal lagi, nah lewat sidik jarinya atau iris matanya bisa diketahuin itu siapa.

Tadinya gw bingung, pemerintah ngapain ganti-ganti KTP, dan males juga buat ngurusnya walaupun gw tinggal datengin Kelurahan lalu foto dkk. Dan kalaupun eKTP ini gak wajib, gw juga males. Lebih lagi klo nyatanya kejadiannya kayak kemaren.

Dari rumah jam 8 pagi gw bareng tante gw langsung ke Kelurahan yang gak lama disusul sama kakak gw. Antriannya panjang, 5menit nunggu lalu ke 10menit lalu 30menit lalu 1 jam lalu 2 jam grrrrr . . . . !! 

Setelah lama nunggu akhirnya gw masuk di antrian, maksudnya antrian yang nunggunya diruangan proses foto dan rekam sidik jari sampe iris mata. Masuk ruangannya bareng-bareng sekitar 50 orangan, ruangannya gak AC hanya ada kipas itu satu, bareng-bareng sama tante gw, kakak gw, sama nyokap yang nyusul. Tempat kita duduk emang sedikit deket sama panitia pelaksananya.

Belom ada 1 menit duduk, gw ngeliat petugasnya melayanin masyarakatnya sambil makan gorengan dan ada juga yang sambil ngerokok whaaaaaaat….. *%(*^#%$()^*&_)&*^#$#$%*_?  http://www.emoticonizer.com

Bukannya kenapa-kenapa, saat itu masih sekitar jam 10-11 an berarti bukan jam makan siang dong berarti gak seharusnya mereka makan juga dong. Dan yang gw liat salah satu petugasnya asyik makan gorengan, tangan kiri gorengan tangan kanan megang kertas formulir buat masyarakat yang ingin buat eKTP, adalagi bapak-bapak paruh baya entah itu Lurahnya atau bukan gw gak tau, sambil manggil nomer urut yang mau difoto dia asyik aja ngerokok diruangan tertutup ini yang walaupun ada kipas tapi bukan berarti dia seenaknya ngerokok gitu aja.

“Mah, masa ngelayanin sambil makan, itu tangannya bekas gorengan lagi”, ucap gw yang langsung disambut semangat nyokap gw. “Yud, mama laper, kamu keluar dulu bentar yak, beliin makanan ya”, suruh nyokap gw ke kakak gw. Sekitar 15 menit-an kakak gw nongol bawa sekantong plastis yang isinya makanan dan minuman, pas nyokap ngecek ternyata kakak gw beliin nasi goreng. Berhubung si petugas sudah bersikap seperti itu, langsung aja nasi goreng disantap bareng-bareng nyokap sama  gw. Dan petugas-petugas itu langsung melirik kearah gw.

Gak lama setelah itu, seorang bapak-bapak petugas mempersilahkan duluan ibu-ibu yang membawa balita untuk difoto terlebih dulu, dan nyokap langsung ngedumel dengan suara yang gak dipelanin sama sekali. “Pak, saya ada kuliah jam 12, berarti saya bisa diduluin juga dong”, ucap gw ke bapak-bapak petugas itu. “Ya enggaklah, yang berkempentingan saja. kuliah doang.masih jam 10” Sautnya yang bikin gw tambah emosi jiwa. “Loh saya juga berkepentingan. Kuliah saya di ciputat pak jauh”. “Semua orang juga berkepentingan, orang kerja aja mau nunggu. lagian kuliah aja” timpal yang petugas lainnya. “Loh, siapa suruh manggil tanpa nomer urut” kata gw yang disautin cengengesannya kakak gw.

Saat nomer urut gw dipanggil, si bapak-bapak petugas berucap “akhirnya dapet giliran juga kan, makanya sabar”. Tanpa mendengarkan lebihnya gw langsung emosi ngeliat formulir yang gw pegang itu bukan nama gw. “Kamu disebelah sana”, ucap bapak petugasnya dengan suara yang udah bête melihat gw berbalik arah. “Yaa bapak liat gak ini bukan kertas saya, nama saya bukan ini, ini kesalahan info, bapak bisa ngebedain nama perempuan sama laki-laki gak sih”, timpal gw yang kertas gw ternyata ketuker dengan punya kakak gw, tetapi sebenarnya bukan kertasnya yang tertukar tetapi petugas salah melingkari nama. Nyokap yang tau langsung mencak-mencak. “Bapak gimana sih, kesalahan info itu bisa fatal, jangan seenaknya aja”.

Setelah giliran gw selesai tepatnya giliran nyokap gw, gw asyik makanin nasi goreng yang tadi sambil nungguin nyokap foto. “Laper ya nunggunya sambil makan” ucap salah satu petugas, yang dari tadi udah ngeselin. “Yaaa bapak duluan yang makan, jadi saya ikutan makan”, balas gw. “kan cuma gorengan”, balasnya lagi. “ini juga cuma digoreng” saut gw bareng sama tante gw dan petugas itu terdiam. Dan gw melanjutkan makan nasi goreng gak pake peduli dia ngeliatin gw, toh gorengan dia yang sekantong plastik gede juga dia abisin tanpa tatakrama kesopanan.

Mereka lebih dulu memperlihatkan ketidaksopanannya, pulpen berminyak terkena minyak gorengan siapa yang mau pegang. Dan gak peduli kan klo ada anak kecil diruangan tetapi mereka asyik bas-bus ngerokok . klo untuk toleransi ibu-ibu yang ngebawa balita untuk difoto lebih dulu sih masalahnya gini, yang mau bikin eKTP kan nyokapnya kenapa bawa anaknya, siapa suruh ngajak si anaknya.

Terakhir kekesalan ketika gw tau klo eKTP gak langsung jadi dan harus menunggu beberapa bulan untuk jadinya. DAMN..

20 komentar:

Rin mengatakan...

katanya juga itu "kalau" jadi.. kalau loh..!
plus kalo ktp lama masih berlaku teteub aja yang dipake masih ktp lama.. nanti kalo udah masa berlaku ktp lama abis baru diganti...itu pun dengan birokrasi yang sama.. bakalan daftar ektp lagi..dan bakalan ketemu bas bus lagi...

hehehe..napsuin emang..! cabe deehh...

Naya Elbetawi mengatakan...

Hahahaha....jadi masalahin goreng2an dah..:p

Didaerah rumah Nay belom tuh say, gak tau dah kapan.. lagi pula kTP nay masih lama berlakunye 2013 sayang banget kan kalo diganti <--ketahuan malesnye...hihiii

Seagate mengatakan...

Seperti itulah wajah pelayan masyarakat di negeri kita tercinta ini, terkesan tidak sepenuhi untuk melayani masyarakatnya saja, kalo orang jawa bilang "sak karepe dewe"..sabar yee..hehe

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

ya elah itu petugas malah makan gorengan,buset deh.hehehe...bisa kena kertasnya ntar gimana dong, jadi kotor gitu.

Shally mengatakan...

@Kak Rin >> aaah begitukah? baru sadar aku kak... payah dah ah bas bus bis ngeselin hahahahahaaaa...

@Mpo Belo >> sama sebenernya ktp aku juga blom abis masanya, tapi tetep suruh bikin ektp *capee deeh* *tepok jidat aja*

@Seagate >> enjeeh, sekarepe dewe rak tau nasib ne masyarakat. semoga masih banyaklah pelayan masyarakat yang perilakunya mengemberikan dengan kelayakannya yang patut dicontoh :)

@Mba Fanny >> makanya mba aku kesel banget kemaren, sekalian aja aku makan nasi goreng diruanganya itu *makin parah* hehehheee..

Adhi Glory mengatakan...

saya hanya bisa ngelus dada baca posting ini
dan satu pesan kolosal yang selalu saya ucapkan pada diri sendiri setiap menemui situasi seperti ini... "Welcome to Indonesia" (dalam nada sumbang)

Shally mengatakan...

@Bang Adhi >> dengan muka datar juga Dhi pas berucap seperti itu.. di Palembang sana udah mulai ektp kah???

Rizaldy Gema mengatakan...

kelihatanya menyebalkan yah. tsah.

Khaira mengatakan...

segitu ribetnya kah? kayaknya saya belum mau buat dlm waktu dekat nih..

Shally mengatakan...

@Rizaldy >> begitulah... :( terlihat payah.

@Khaira >> awalnya saya juga malas membuatnya tapi ternyata ektp itu wajib, jadi mau diapakan lagi :)

emp4tbelas mengatakan...

joook jook ...
masih aje lu ga mau kalaah ..
petugas makan gorengan lu makan nasi goreng ..
mentang" sama" di goreng ..

susah emang kalo punya hobi nyemil nasi ..
#cemilannya aja nasi, gmn makannya ..

Shally mengatakan...

@empa4tbelas >> gw ngebayangin mimik muka lo pas ngomong begitu ziz (biasa aja dong muke lo). masalah nya gini ziz, mereka kan sebagai panutan lah yaa, jadi gw ikut ikut makan yang digoreng. lagian gak bagi-bagi gorengan nya juga hakakakakakkk *paraaah*
sesama pengemil nasi gak usah saling mencela lah *big hug* *miss choco chip*

emp4tbelas mengatakan...

ngahahahha ..
elu tuh yang biasa aja ..
hahahha..

asik muka gw di bayangin joko ..
hahahha..


tapi ga gitu juga jok, kalo die makan gorengan harusnya lu sms a Asep,
"a mie rebus satu, telornye di dadar, anter ke kelurahan ya a"
hahaha:)

Shally mengatakan...

@emp4tbelas >> bisa aja lo ziz bikin kangen kangen kayang gitu :P wakakakakkkk . . .
terus gw kabur beli saos, ketemu tirek *langsung berantem berebutan saos* & *lo langsung ngumpetin cabe rawit*.

emp4tbelas mengatakan...

aaaaa..
kangeeen .. :)

salah yak gw ngomong gituu ..
jadi tambah kangeen ..
hahaha ..

Shally mengatakan...

emang enak jadi rindu rindu menggila kan ama gw. hakakakakakkk
katanya punya ym sekarang. bisa kali ziz add ym gw -___-

emp4tbelas mengatakan...

iyaa :(

oya udah punya YM ??
yang bener ??
asik doonk :p

Shally mengatakan...

lo gila ya ziz..
gak ngerti gw ????? (%&*(*&)*^$#%$%*^(&

emp4tbelas mengatakan...

ngahahaha ..
ini elu yang gila apa gw yang waras sih sebenernya?

Obat Herbal Sakit Maag mengatakan...

hemmm sempet jadi fenomena juga diana pembuatannya yang berkelit kelit...