Rabu, 16 November 2011

Orang Utan Berduka #iniINDONESIAku

Kalimantan ~
Indonesia itu memiliki Kalimantan, sedangkan kita memiliki Indonesia. Disaat satwa komodo berbangga terpilih menjadi 7 tujuh keajaiban dunia, disaat itu juga satwa orang utan terpuruk.

Dan sekarang Kalimantan tidak terkenal sebagai pulau terbesar ketiga lagi, tapi juga terkenal akibat kepunahan orang utannya. Gimana enggak coba, dari beberapa persen hutan yang mereka milikin sekarang udah berubah jadi perkebunan kelapa sawit.

Mungkin pihak yang memiliki kebun kelapa sawit itu tidak bersalah, toh mereka membuat perkebunan itu menghasilkan suatu hal yang diperlukan banyak orang, dan mereka juga punya ijin untuk kepemilikan perkebunannya, tetapi apa mereka tidak berfikir juga bahwa mereka telah mengganggu kehidupan satwa liar disekitarannya itu.

Walaupun mereka bilang orang utan itu menjadi hama untuk perkebunannya, tetapi tanpa mereka sadari bahwa mereka lah yang lebih dulu menjadi hama bagi orang utan disana. Karena sebelum mereka membangun perkebunan itu, para orang utan memiliki sumber makanan pokoknya dan ketika terbangunnya perkebunan itu otomatis juga makanan pokok mereka musnah, dan mau tak mau sekelompok orang utan itu berburu buah sawit untuk menggantikan makanan pokok mereka.

gambar dari sini

 Kabarnya, untuk memusnahkan hama di perkebunannya itu mereka menyiapkan dana. Jadi untuk penangkapan satu orang utan si penangkap akan diberi upah sebesar satu juta rupiah, kejadian seperti ini sudah berlangsung sekitar 2 tahun yang lalu. Dan entah lah setelah itu akan diapakan orang utan itu. Tetapi ditemukan foto orang utan seperti mengalami penyiksaan. Ada yang bilang luka itu bekas pukulan benda tumpul, ada yang bilang sekelompok orang utan tertimpah kayu saat kebakaran hutan, tetapi coba fikir lagi sebego-begonya binatang klo ada ancaman bahaya pasti mereka punya insting untuk ngelindungin diri mereka kan, nah klo ada sekelompok orang utan yang tertimpa pohon dan itu terdapat beberapa hewan kayaknya gak mungkin deh, orang utan bukan perangko yang selalu kemana-mana selalu bareng-bareng sama kelompoknya, yaa mungkin bareng-bareng tapi gak sampe dempet-dempetan juga kali, dan gak mungkin saat hutan kebakaran mereka masih berpegangan tangan sambil ngeliatin pohon yang tumbang, itu gak mungkin kan ?

Berita penganiaian orang utan ternyata udah jadi rahasia umum untuk penduduk disana, entah karena suatu hal atau apa, tetapi seperti ditutupin berita ini, padahal reporter dari Negara (gw lupa) juga sudah pernah membahas tentang penganiaian orang utan ini.


Dari sebagian pihak yang merasa orang utan itu hama, beberapa pihak lain berburu untuk kepentingan konsumsi. Katanya, orang utan itu bisa jadi obat. Gw juga kurang tau bagian mana dari orang utan yang bisa dijadiin obat entah dagingnya, atau bulunya, atau kukunya, mungkin otaknya. Soalnya gw pernah liat acara tv gitu, acara kuliner gitu nah reporternya itu ngasih tau makanan dari otak monyet, AAARGGGHH . . . . . Oh No ! !

Dari beberapa ratus orang utan, kabarnya sekarang tinggal 10 atau 20 hewan. Dan lagi-lagi kabarnya, dekat-dekat ini akan ada land clearing didaerah sana. Klo tidak cepat-cepat diatasin masalah ini, mungkin orang utan di Indonesia akan punya hari khusus untuk dirayakan seperti hari anak, hari ibu, dan akan ada hari orang utan.

Klo hutan hujan di Kalimantan makin berkurang dan berubah menjadi perkebunan sawit, Indonesia akan seperti apa ya ?

Gw bukannya gak setuju klo ada pertumbuhan kebun kelapa sawit, toh itu lebih baik dibanding pertumbuhan gedung-gedung tinggi yang isinya pertokoan dan tempat hiburan doang. Yaa setidaknya ketika kita ingin berkembang ya kita juga harus liat yang ada disamping kita. Apa mereka juga gak ikut menangis ngeliat orang utan yang berdarah-darah bengkak-bengkak gitu, mungkin itu baru orang utan, belum ular-ularnya, burung-burungnya sampe ikan-ikannya. Dan parahnya tumbuhannya itu, pohon-pohon yang ada gw rasa udah berumur ratusan tapi ketika land clearing mereka gak akan ditanya umur mereka berapa ratus tahun, tau-tau mereka sudah tumbang dan terganti dengan kelapa sawit.

Kadang satu kebaikan mengorbankan ratusan kebaikan lainnya, dan itu tragis . . . . .

Ayo sama-sama menulis tentang Indonesia, karena Indonesia tidak hanya memiliki bali, komodo, dan raja ampat saja. tetapi Indonesia memiliki Lampung, Makassar, Parangtritis, Lombok, sate, rendang, gudeg, nasi jaha, lepet, pempek, sambel hebi, lemang, sampe bandrek. Siapa yang punya bandrek, itu Indonesia juga, begitu pula dengan orang utan.

Ini Indonesia ku, apa Indonesia mu ?

19 komentar:

arr rian mengatakan...

Astagfirullah...
Indonesiaku...

[L]ain mengatakan...

Baru aja kemaren gua liat berita beginian di tipi. Gile, kejem amat yak orang utannya dibantai. Serem.

Rizaldy Gema mengatakan...

pernah liat beritanya di TV. miris liatnya. kasihan itu. T.T

JejakShally mengatakan...

@Arr rian >> elus dada ya denger beritanya..

@[L]ain >> tragis banget, ternyata bukan kondisi alam aja yang bikin satwa punah, tapi unsur kesengajaan manusia juga . . .

JejakShally mengatakan...

@rizal >> ayooo ikutan posting tentang orang utan sebagai bentuk peduli kita :)

Rizaldy Gema mengatakan...

iya. gue siapin dulu tulisanya. :)

zone mengatakan...

kejem banget...
sadis...
orang utan juga bagian dari salah satu etnik Indonesia lho...
:)

harus dilindungi.

JejakShally mengatakan...

@rizal >> hehehheee sip.. gw tungguin deh postinganmu nak \*O*)/

@zone >> iya, orang utan juga terlindungi sama UU, tapi gimana yaa :( ikutan posting tentang orang utan aja deh, setidaaknya itu bentuk dari kepedulian kita, walau hanya tulisan :) yang penting kita gak ikutan nganiaya mereka :)

covalimawati mengatakan...

huwaaa.. aku baru tau klo orang utan dibantai.. hiks.. kejamnya.. Pdhl aku pengen bgt liat orangutan di habitatnya lgsg.. :(
Pengen ikut nulis, tp kok aku g tau apa2 ttg orangutan.. huhuu..

kak_ega_punya cerita mengatakan...

ya saya baru nyadar ternyata jarang banget saya nge post tentang kekayaan indonesia... jadi kesindir :)

JejakShally mengatakan...

@covalimawati >> gak harus ngomongin tentang berita-berita yang baru aja keungkap kok mba, apa aja deh tentang orang utan :) cerita tentang kepengennya mba aja ngeliat mereka langsung tapi udah banyak yang punah..

@kak ega >> aku gak maksud untuk nyindir kok mba, tenang aja heheheee :) berarti saat sekarang doong doong nulis tentang Indonesia versi mba Ega hehehee :)

Anonim mengatakan...

BUNG, GMN KALO KITA BIKIN PERGERAKAN TERORGANISIR AJA, KITA BUNUH AJA SAPA YG NGEBANTAI ORANG UTAN, BIAR DALANGNYA KELUAR NANTINYA

GendysAdesta mengatakan...

ga tau kenapa, aku selalu gampang banget nangis mendengar atau melihat kekejaman manusia ke binatang..
hati rasanya panas banget denger berita itu, dan sekaligus kesal, karena sampai saat ini ga ada aksi konkrit yang bisa dilakukan untuk mengurangi hal itu.
pingin banget deh jadi menteri kehutanan dan bikin kebijakan terkait kehutanan dan satwa liar yang ga selonggar sekarang >,<

GendysAdesta mengatakan...

izin share ya :)

Gatiar Lopez mengatakan...

semoga org utan indonesia bs terawat dgn baik

JejakShally mengatakan...

@ANONIM >> masalah gini, kebanyakan warga kita sendiri yang ngeburu, lalu hasil pemburuannya baru diserahin ke boss nya itu. Masalahnya apa kita tega ngebunuh keluarga sendiri ? kabarnya 2 pemburu orang utan udah tertangkap :)

@Gendys >> sama aku juga pengeeeeeeeeen banget jadi mentri kehutanan, atau gak sekalian presiden deh :) denger berita begini tragis rasanya ya Dys. silahkan di share gpp :)

@Gatiar >> amiiiiin. haai . . . . wah jadi main duluan kesini hehehehee :)makasih Tiar followan nya hehehehehee

Gloria Putri mengatakan...

iya, aq juga prihatin bgt :( malah ada temenku yg jadi salah 1 kru di perkebunan sawit disana :( hikss
bedewe, salam kenal ya

JejakShally mengatakan...

@mba Glo >> klo gitu aku titip salam aja deh sama temen nya mba Glo, "jangan hilangin hutan hujan kita dan satwa liar nya" :)
ohh ya salam kenal juga hehehehehee. makasih mba udah mampir kesini hehehee

Anonim mengatakan...

hey jejakshally.blogspot.com blogger discovered your blog via Google but it was hard to find and I see you could have more visitors because there are not so many comments yet. I have discovered website which offer to dramatically increase traffic to your site http://mass-backlinks.com they claim they managed to get close to 4000 visitors/day using their services you could also get lot more targeted traffic from search engines as you have now. I used their services and got significantly more visitors to my blog. Hope this helps :) They offer best services to increase website traffic at this website http://mass-backlinks.com