Minggu, 03 Juli 2011

Diantara 5cm dan 2


Ada yang tau buka 5cm ??? Adalah yaa . . . . Ini buku udah berkeliaran dari tahun 2005 sampe sekarang pun masih menjadi best seller kok. Cerita dikit tentang 5cm deh . . . . . novel karangannya mas Donny Dhirgantoro bercerita tentang 5 anak manusia , 1 wanita dan 4 pria . Tentang persahabatan , mimpi , kepedulian , cinta , dkk nyampur . Mereka bersahabat , dan suatu hari dalam kejenuhan , mereka berpisah sebentar dan ketika pertemuannya kembali mereka melakukan perjalanan ke Gunung Semeru . Dan disanalah tentang persahabatan dan cinta dipertanyakan buat mereka . Ohhh yaaa , gw setuju banget sama Mas Donny ini , klo pecel Madiun itu enak banget rugi klo gak pernah nyoba ( sombong mentang-mentang orang Madiun ) . 

Waktu itu sebenernya gw juga gak sengaja beli buku 5cm ini , seinget gw 5cm gw beli pas kelas 2 atau kelas 3 SMA yaaa pokoknya sekitar 3-4 tahun yang lalu deeh heheheee maaf lupa . Jadi waktu itu sebenernya mau beli buku pelajaran atau buku ujian gitu sama bokap di gramedia , tapi gw juga mau beli novel tapi bingung beli novel apa dan bokap juga gak ngebolehin gw beli novel biar gw fokus belajar dulu maksudnya . Tapi macam manusia kayak gw , pas mau bayar ke kasir gw liat ada novel covernya item legam tanpa peritilan aneh-aneh deeh dan gak tau kenapa gw langsung ngambil aja padahal gw gak tau itu novel cerita tentang apa , buat baca synopsis singkatnya aja enggak . Dan pas bokap nanya itu buku apa , gw hanya menjawab , “ini buku kumpulan materi pah , kata temen bagus soalnya lengkap” . Heheheheeeee , untung waktu itu bokap gak ngecek lagi jadi dia fikir gw beli buku kumpulan materi padahal novel yang isinya ngasih IMPIAN , CINTA , dan KEHIDUPAN (quote nya 5cm ). 

Dan ternyata emang gw gak salah beli , tapi klo lo tanya gw tentang itu buku udah ngerubah gw sampe mana , gw gak bakal cerita yang jelas 90 nilainya dari gw . Klo orang lain bilang itu nilai yang tinggi , yaa memang karena gw ngerasa tulisan yang ditulis pake hati itu nilainya memang tinggi . Yaaaa setidaknya kita bisa belajar klo kita jangan ngomongin oranglain apalagi sobat sendiri maksimal 5menit deeh klo udah kepepet , belajar memberi itu lebih indah dibanding kita hanya berdiam terlebih meminta , belajar semangat itu lebih berharga dibanding berceroceh dumelan , belajar mencintai dengan sayang yang mendekati sempurna dan belajar untuk lebih giat menulis .

Dan hari ini adalah launching buku ke 2 nya Mas Donny , judulnya “2” terbit di tanggal dua di jam dua hahahahaaaa I think 2 the magical number for him . tepatnya di gramedia Matraman , gw dateng bareng temen gw si Yose alias Jenggo . Tadinya ragu mau dateng , soalnya bakalan rame pastinya tapi pas udah mau hari-H heheheehee akhirnya datang juga . Seru , beberapa pembaca 5cm cerita tentang pengaruh 5cm sama hidup mereka , dari yang nemenin anaknya dirumah sakit yang lagi koma sambil baca 5cm atau yang terinspirasi ngajak mereka yang putus sekolah untuk terus ngejar mimpinya dan sampe si penulisnya sendiri pun cerita gimana 5cm itu bisa terbit sampe sekarang , kerenlah pokoknya dan gw sempet nyembunyiin merinding gw pas denger cerita mereka lebih lagi pas si band ( hehehheee lupa namanya ) nyanyiin soundtrack filmnya 5cm , iiiihhhhh kereeeeen bagus banget walaupun perut udah ngajakin berantem karena lapeeer tapi bantai terus sampe acara selesai . Eh klo lo bingung kenapa gw jadi ngomong film , soalnya gini dari novelnya 5cm itu bakalan ada filmnya yaaaa novel ke film gitu .

Sempet kecewa juga , soalnya gw baca ditwitter gw katanya pemeran 5cm bakalan dateng . Pas gw tanya ke Mas Donny  katanya enggak , naah iya gw salah baca twit orang à payaaaaah mata gak beres baca . Dan gw berhasil dapet ttd dari Mas Donny hehehee maaf yaa fotonya di tkp blom dipasang hp gw masalah jadi nyusul aja ya ya yaa .

Ohhh yaa klo buku keduanya ini yang gw tau cerita tentang perempuan gitu , tentang bulu tangkis dan gw masih belom bisa cerita banyaak karena jadi gw  skip dulu , soalnya hari senin nanti gw mau presentasi projek jadi harus banyak yang disiapin takutnya gw autis baca 2 yang ada suruh ngulang gw sama dosen penguji gw aaaaaaaa… gak mau , maaf yaaa .

Dan klo lo mau kenal si ajaib Zafran , si cantik Riani , si perfect Genta , si gendut bokep Ian , dan si super baiknya Arial ayooo dong baca 5cm sambil nungguin filmnya nongol di bioskop . Heheheheee . . . . . 
 Ayoooo Mas Donny semangat filmnya http://www.emoticonizer.com

11 komentar:

Adhi Glory mengatakan...

saya belum baca buku 5 cm itu, tapi di forum goodreads buku itu kena bantai sama book lover di sana, jadi males buat bacanya...

hehe, sorry, no offense :D

Shally mengatakan...

@adhi >> iya gpp.kan setiap orang punya kebebasan ekspresi terhadap suatu hal. dan pro sama kontra emang harus ada biar seru huehehee

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

aku pernah baca novelnya yg 5 cm juga. emang bagus

Shally mengatakan...

@sang cerpenis >> hehehheee iya. dan 2 adalah buku ke 2 nya mba :)

Belo Elbetawi mengatakan...

Temen FB juga pernah tuh.. ada yang nyaranin supaya belo baca buku 5cm, tapi sampe sekarang belo belum sempet cari di gramedia #ngenes

nonasan mengatakan...

aku udah pernah baca buku 5 cm, minjem dari temenku :D emang keren banget sih
jadi pengin baca "2" :D

Shally mengatakan...

@mba Belo >> jeeeh si mpo. ayoo baca bagus kok. ohh ya masih ada kok digramed mpo bukunya heheheee

@nonasan >> hihihihiiii aku juga blom baca "2" soalnya projek baru selesai juga. jadi mungkin baru hari ini baru mau baca hehehee. sepertinya bagus (tukang pamer) hehehee

pencari jejak mengatakan...

wah curang udah dapet tandatangannya mas donny ajah. aku juga mau cari ttdnya sabtu ntar bersama beberapa teman disini. :D

Shally mengatakan...

@pencari jejak >> waaah yang di Bandung yaaa? salam lagi aja deh buat si mas Donny nya lagi hehehheee. udah beli yang buku keduanya, bagus tapi memang berbeda dengan 5cm.

Rizaldy Prayudha mengatakan...

iya gue juga udah baca yg5cm, ini sampe sekarang masih nunggu filmnya.

btw. kok gue nggak tau ya mas doni bikin "2" udah terbit di matraman pula kemaren. jadi penasaran.

Shally mengatakan...

@Rizaldy >> hehehheee. waktu itu gw tau dari twitternya mas Donny klo dia mau launching di matraman. keren kok yang 2, walau berbeda dengan 5cm, tetapi kata-katanya masih JLEEBBB... hahahaa